Hari Pahlawan Momentum Kobarkan Kembali Semangat Kepahlawanan 1945

Universitas Padjadjaran menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (10/11/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 yang digelar di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (10/11/2023). Upacara ini diikuti oleh para pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, PhD. Pada kesempatan tersebut, Prof. Yanyan membacakan Amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini. Dalam amanatnya Mensos mengajak generasi penerus bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.

Ajakan tersebut disampaikan karena saat ini negara tengah dihadapkan pada berbagai ancaman dan tantangan. Sebab, Indonesia memiliki beragam sumber daya alam yang rentan dikuasai oleh pihak luar.

Kendati demikian, ancaman dan tantangan ini bisa ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang pada 10 November 1945 silam. “Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ujar Prof. Yanyan.

Prof. Yanyan melanjutkan, generasi penerus perlu memiliki semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa pada 1945. Semangat tersebut mampu membawa bangsa menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

“Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” kata Prof. Yanyan.

Pada upacara tersebut, bertindak selaku pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., pembaca Pesan-pesan Pahlawan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Dr.med. Setiawan, dr., serta pembacaan doa oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Idris, M.H.*

Share this: