Himpro Agri Unpad Gelar Pengabdian ke Desa Sawahdadap, Sumedang

Tim Himpunan Keprofesian Mahasiswa Agribisnis Universitas Padjadjaran saat melakukan pengabdian ke Desa Sawahdadap, Sumedang.*

Laporan oleh Fella Risnawati

[Kanal Media Unpad] Himpunan Keprofesian Mahasiswa Agribisnis (Himpro Agri) Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sawahdadap menggelar kegiatan “Himpro ka Desa” dengan Tema “Agribusiness Community Empowerment: Empowering Communities for a Better Future” di Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

“Himpro ka Desa” merupakan program berkelanjutan dari Himpro Agri Unpad dengan jangka waktu pengabdian tiga tahun. Tahun 2023 merupakan tahun pertama dari penyelenggaraan Himpro ka Desa oleh Himpro Agri Unpad di Desa Sawahdadap dengan fokus pada tahap pengenalan dan pembinaan terhadap Kelompok Wanita Tani di Desa Sawahdadap.

Kegiatan berlangsung selama 5 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 24 September, 1 Oktober, 15 Oktober, 21 Oktober dan 1 November 2023 dengan topik yang berbeda di setiap minggunya, mulai dari perkenalan, workshop penanaman, serta pematerian terkait branding produk, pemanfaatan sosial media, dan  platform belanja online.

Di akhir kegiatan, diselenggarakan “Himpro Berbagi” untuk masyarakat Desa Sawahdadap yang memiliki keterbatasan ekonomi. Tim melakukan pembukaan donasi dan kemudian menyalurkan bantuan dalam bentuk sembako yang diberikan kepada 15 warga kurang mampu di Desa Sawahdadap.

Seisha Putri Naomy selaku Presiden Direktur Himpro Agri Unpad berharap kegiatan Himpro Ka Desa tahun ini dapat melakukan bina desa secara berkelanjutan sampai tiga tahun ke depan. Dengan demikian, desa yang dibina dapat maju dan berkembang, khususnya pada bidang agribisnis.

Seisha juga berharap pembelajaran terkait peralihan menuju digitalisasi ini dapat meningkatkan perekonomian Desa Sawahdadap karena dapat menjual produk lokal secara online dan meningkatkan akses pasar.

Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga dapat menjadi simbol bahwa mahasiswa harus turut berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat demi masa depan yang lebih baik. (rilis)*

Share this: