HSE Unpad Gelar Ekspedisi Peduli Kelestarian Lingkungan di Desa Ujung Genteng

Mahasiswa Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam HSE Unpad melakukan penanaman bibit pandan sebagai bagian dari "Ekspedisi Kangonagri” di Desa Ujung Genteng, Ciracap, Kabupaten Sukabumi.*

[Kanal Media Unpad] Organisasi Health Safety Environment (HSE) Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran menggelar aksi peduli keselamatan dan lingkungan di Desa Ujung Genteng, Ciracap, Kabupaten Sukabumi, 10 – 12 November lalu. Ekspedisi bertajuk “Ekspedisi Kangonagri” digelar sebagai wujud kepedulian HSE Unpad terhadap pelestarian lingkungan.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, pada ekspedisi ini, HSE Unpad melaksanakan sejumlah kegiatan, yaitu penanaman 1.123 bibit terumbu karang, penanaman 123 bibit pohon pandan, pemasangan papan keselamatan, dan sosialisasi tanggap darurat.

Penanaman bibit terumbu karang berlokasi di kawasan Pantai Kalapa Condong, Ujung Genteng. Penanaman digelar untuk mengurangi risiko penggenangan di daratan wilayah pesisir selama air laut pasang atau ketika terjadi gelombang badai.

Sementara penanaman bibit pohon pandan dilakukan di kawasan Pantai Pangumbahan, Desa Ujung Genteng. Aksi penanaman bibit pohon pandan tersebut dilakukan di Pangumbahan Turtle Park. Dengan adanya penanaman ini, diharapkan dapat memperluas area penetasan penyu.

Aksi selanjutnya, sosialisasi mengenai informasi keselamatan khususnya kebencanaan dilakukan kepada pengelola Pangumbahan Turtle Park melalui pemasangan papan keselamatan “Emergency Response Plan.

 “HSE sebagai organisasi yang berkesarak di bidang K3L memiliki tanggungjawab untuk memberikan kemanfaatan di llingkungan sekitar pada bidang tersebut. Kegiatan ini digelar untuk menumbuhan kesadaran Masyarakat sekitar akan pentingnya pelestarian lingkungan serta mitigasi bencana.” Ujar Project Officer Annual Event HSE Unpad 2023 Joe Menardo.

General Manager HSE Unpad Falah Musyaffa mengatakan, ekspedisi ini melengkapi beragam ekspedisi yang sudah dilakukan HSE sebelumnya, yaitu ekspedisi Pulau jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara (SOTJ 2011), Papua Barat (OFOE 2012), Sulawesi (Sakra Nusa 2017), serta Banten (Askara Sawahita 2021)

“Diproyeksikan dalam 10 tahun ke depan, ekspedisi HSE Unpad berhasil dilakukan di seluruh pulau besar Indonesia, dengan harapan akan terus bertambah keseluruh penjuru pulau-pulau kecil dari Sabang sampai Merauke di kemudian hari, menjadi simbol bakti kita untuk negeri,” ujar Falah. (rilis)*

Share this: