Kick Off Pimnas 36, Unpad dan BPTI Puspresnas Gelar Sosialisasi Pedoman Peserta

Ketua Tim Juri Pimnas 36 Dr. Suherman menjelaskan terkait pedoman umum Pimnas ke-36 dalam acara

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek RI menggelar “Sosialisasi Pedoman Pimnas ke-36 Tahun 2023” secara daring pada Kamis (16/11/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr. SpM(K), M.Kes., PhD., mengharapkan bahwa sosialisasi ini dapat memberikan informasi penting yang berkaitan dengan Pimnas, sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini sesuai dengan apa yang kita rencanakan dan mudah-mudahan Pimnas dapat menjadi suatu ajang yang dapat menghasilkan hal-hal berguna, baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat secara umum,” ujar Prof. Arief.

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si,. menyampaikan, sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang valid untuk membantu dalam kegiatan Pimnas yang akan datang.

“Sosialisasi ini juga kami harapkan bisa membawa semangat merdeka berprestasi di bidang pengembangan, inovasi, dan riset yang berkelanjutan,” ujar Asep.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Tim Juri Dr. Suherman menjelaskan terkait pedoman umum Pimnas 36. Suherman menyampaikan bahwa dari 42.000 proposal yang masuk ke Belmawa, diputuskan sebanyak 525 tim yang lolos ke Pimnas untuk 25 kelas presentasi.

“Satu kelas itu ada 21 tim dari berbagai perguruan tinggi, dengan dasar aturan bahwa tidak ada satu perguruan tinggi yang timnya lebih dari tiga tim di kelas tersebut. Jadi maksmialnya adalah tiga tim perkelas dari satu perguruan tinggi yang sama,” ungkapnya.

Suherman menyampaikan bahwa ada tiga parameter penilaian yang memengaruhi penentuan pelolosan peserta PKM ke Pimnas, yaitu nilai proposal dengan bobot 30%, nilai laporan kemajuan dengan bobot 20%, dan presentasi PKP2 dengan bobot 50%.

“Khusus untu PKM Video Gagasan Konstruktif, maka nilai PKP2 50% ini terpecah menjadi nilai presentasi 25% dan nilai luaran video dari tim PKM VGK yang diunggah ke youtube itu 25%,” jelasnya.

Suherman juga meyampaikan bahwa kegiatan Pimnas secara umum terdiri dari empat rangkaian kegiatan, yaitu pembukaan, kegiatan utama, kegiatan penunjang, dan kegiatan penutup yang berlangsung dari 26 November – 1 Desember 2023.

“Kita berharap seluruh kegiatan berlangsung dengan lancar,” harapnya.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T., juga menjelaskan gambaran umum kegiatan Pimnas ke-36 yang akan diselenggarakan di Universitas Padjadjaran.

“Ada kurang lebih 2.419 peserta Pimnas. Selanjutnya dosen pendamping ada sekitar kurang lebih 525, juri pimnas ada 77, dan dari perguruan tinggi jumlahnya ada 106,” kata Boy.

Boy juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Pimnas dimulai dengan sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 November 2023 sebagai kick off terkait dengan pedoman Pimnas itu sendiri. Kemudian, pada tanggal 26 November 2023 menjadi masa kedatangan dan registrasi peserta.

“Akan ada juga pemasangan poster, instalasi PPT, technical meeting peserta, technical meeting juri, bazzar Pimnas, dan gala dinner,” tambah Boy.

Boy menyempaikan pembukaan kegiatan Pimnas akan dilaksanakan pada 27 November 2023. Pada hari itu, akan ada penilaian poster, pameran teknologi, dan Bazzar Pimnas. Sedangkan pada tanggal 28-29 November akan ada kegiatan penilaian presentasi, pameran teknologi, lomba non- Pimnas, bazzar, serta Indonesia Talent Summit.

“Tanggal 30 November akan diadakan Sarasehan Kemahasiswaan yang akan diikuti oleh pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan. Selanjutnya, ada kuliah umum, pameran Karya Inovasi dari Perguruan Tinggi, ada bazzar Pimnas, malam hari kita akan mengadakan acara penutupan Pimnas,” jelasnya

Kegiatan Pimnas 36 berakhir pada tanggal 1 Desember 2023 dengan diadakannya city tour dan kepulangan peserta. (art)*

Share this: