Masuki Usia 65 Tahun, FMIPA Unpad Terus Tingkatkan Kiprahnya

Dekan Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., menyampaikan sambutan dalam acara puncak acara Dies Natalis ke-65 di kampus FMIPA Unpad Jatinangor, Rabu (1/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran mengelar puncak acara dies natalis ke-65 di kampus FMIPA Unpad, Jatinangor, Rabu ( 1/11/2023). Selama 65 tahun, FMIPA Unpad terus meningkatkan kiprahnya di tingkat nasional dan internasional.

Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., mengatakan, selama 65 tahun FMIPA Unpad telah diberikan fondasi kuat oleh para tokoh FMIPA Unpad sebelumnya. Saat ini usaha mencapai cita-cita FMIPA Unpad akan terus dilanjutkan.

“Peringatan Dies ke-65 ini pada prinsipnya adalah merupakan syukuran keluarga besar FMIPA,” kata Prof. Iman.

Dalam upaya internasionalisasi, di antaranya meningkatkan reputasi akademik di tingkat internasional, berkolaborasi dengan dosen dan peneliti internasional, serta bertambahnya jumlah mahasiswa asing.

Berbagai prestasi berskala nasional dan internasional juga telah diraih oleh mahasiswa. Selain itu, alumni FMIPA Unpad senantiasa terekognisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tahun ini, FMIPA Unpad pun memperoleh penghargaan Praja Brata Unpad 2023. Anugerah ini merupakan penghargaan yang diberikan atas kontribusi fakultas dalam menunjang rekognisi internasional Unpad. Kriteria penilaian dilihat dari parameter pembelajaran, kemahasiswaan dan alumni, sumber daya manusia, riset dan inovasi, serta kemitraan dan pendapatan.

Pada tahun ini, piala tetap Anugerah Pradja Brata 2023 diberikan kepada Fakultas Farmasi. Sementara piala bergilir Anugerah Pradja Brata 2023 diberikan kepada Fakultas MIPA.

Prof. Iman berharap FMIPA Unpad dapat mempertahankan prestasi ini setiap tahunnya. Menurutnya, capaian FMIPA Unpad merupakan kolaborasi dari berbagai pihak di FMIPA Unpad.

“Dengan kerja sama yang baik, Fakultas MIPA ini terus memiliki prestasi,” kata Prof. Iman.

Selain itu, ke depannya FMIPA Unpad dapat berkiprah lebih baik. “Semoga ke depan perjalanan ini terus meningkat dan lebih baik lagi,” harapnya.

Acara puncak peringatan dies tersebut diisi dengan orasi ilmiah dari Prof. Budi Nurani Ruchjana berjudul “Pemodelan Spatio Temporal dalam Era Big Data”. Adapun tema peringatan Dies Natalis FMIPA tahun ini adalah “Berkolaborasi, Unggul, Mendunia, dan Berdampak”.

Pada kesempatan tersebut, hadir Prof. Yoshito Shiono dari Yamagata University, Jepang sebagai adjunct profesor di Departemen Kimia FMIPA Unpad. Acara juga diisi dengan deseminasi riset dan pameran produk FMIPA Unpad. (arm)*

Share this: