Prodi Humas Unpad Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Akademisi dari Malaysia

Suasana kuliah umum “PESO for Public Relations in Practice” yang digelar Prodi Hubungan Masyarakat Universitas Padjadjaran, Rabu (1/11/2023).*

[Kanal Media Unpad] Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar kuliah umum dengan pemateri Dosen di Corporate Communication and Strategy Othman Yeop Abdullah Graduate School of Business Universiti Utara Malaysia Assoc. Prof. Bahtiar Mohamad, PhD, secara daring, Rabu (1/11/2023) lalu.

Dikutip dari laman Fikom Unpad, kuliah umum bertema “PESO for Public Relations in Practice” tersebut dimoderatori Dosen Humas Unpad Centurion Chandratama Priyatna, M.Si., PhD, dan diikuti oleh 120 mahasiswa Prodi Humas Unpad.

Dalam paparannya Bahtiar memaparkan mengenai bagaimana pengaruh revolusi digital dalam bidang kehumasan. Sejak 1980-an, terjadi perubahan masif dari teknologi analog dan elektronik ke teknologi digital.

Kini, masyarakat telah aktif menggunakan internet dan sosial media setiap harinya, sehingga penggunaan teknologi digital sebagai alat marketing menjadi lebih baik karena dapat menjangkau lebih banyak audiens ketimbang media tradisional.

“Oleh karena itu, digital PR menjadi strategi efektif dalam mengembangkan sebuah brand,” tuturnya.

Berikutnya, Bahtiar juga menjelaskan mengenai model PESO dalam kehumasan. PESO adalah model strategi media singkatan dari Paid, Earned, Shared, dan Owned media. Paid media adalah metode pemasaran menggunakan iklan atau konten berbayar. Contohnya Google, media sosial, tv, radio, dan media berbayar lainnya.

Selanjutnya, earned media adalah publikasi konten yang dilakukan oleh pihak ketiga, contohnya ulasan produk, endorsement influencer, dan lainnya. Shared media adalah strategi publikasi yang bertujuan untuk meningkatkan engagement dan meramaikan pembicaraan mengenai produk yang dipasarkan. Saluran yang termasuk dalam kategori ini adalah media sosial, partnership, dan influencer engagement. Terakhir, owned media, yaitu semua saluran yang dikontrol sendiri, contohnya adalah website. (rilis)*

Share this: