Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad Galakkan Semangat Pustakawan Cilik kepada Pelajar SD

Suasana kegiatan CSR edukasi pustakawan cilik yang dilakukan Pusat Pengelolaan Pengetahuan Universitas Padjadjaran, 17 November 2023.*

[Kanal Media Unpad] Untuk memupuk rasa cinta terhdap membaca dan pengetahuan di kalangan anak-anak, Pusat Pengelolaan Pengetahuan Universitas Padjadjaran memberikan edukasi kepada 40 Pustakawan Cilik (Puscil) dari tiga sekolah di Kawali, Ciamis, yaitu Madrasah Ibtidaiyah Winduraja, Sekolah Dasar Negeri IV Karangpawitan, dan Sekolah Dasar Negeri 2 Winduraja,

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring, 17 November 2023, merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) terselenggara atas kolaborasi Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad dengan Komunitas Gada Membaca.

“Cikal bakal untuk menularkan konsep puscil yang kami bina dan kami akan melakukan rutinitas untuk membagikannya dalam bentuk populer. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan sama-sama untuk memperbaiki diri dan mendukung tunas-tunas yang semangat membaca dan menambah ilmu,” kata Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad Dra. Wina Erwina, M.A., Ph.D. dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pemutaran film dokumenter mengenai gajah serta pemaparan eksplorasi gajah oleh salah satu anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unpad yaitu Mutiara Annisa. Selanjutnya, dilanjutkan pemberian materi “Mari Mengenal Gajah” yang bertujuan untuk mendalami pemahaman pustakawan cilik tentang gajah.

Selain itu, peserta juga diberi materi “Penelusuran Informasi” yang memberikan wawasan tentang teknik pengambilan informasi.  yang dijelaskan oleh Ziani Marni, S.S.I, seorang pustakawan yang berdedikasi di Pusat Pengelolaan Pengetahuan.

Inisiatif CSR ini sejalan dengan komitmen Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad terhadap perkembangan pendidikan dengan memberdayakan pustakawan cilik. Dengan demikian, program ini tidak hanya memiliki tujuan untuk memberikan dampak positif secara langsung, tetapi juga untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan.

“Mudah-mudahan kami semua, utamanya siswa dan siswi pustakawan cilik ini bisa terus belajar sehingga mereka terbiasa dengan membaca dan pengetahuannya menjadi bertambah,” harap Agus Munawar dari Komunitas Gada Membaca.

Ucapannya mencerminkan harapan bahwa melalui upaya bersama ini, anak-anak yang terlibat dalam program ini dapat terus belajar dan berkembang, menjadikan membaca dan pengetahuan sebagai bagian integral dari kehidupan mereka.***

Share this: