Tiba di Jatinangor, Peserta Pimnas 36 Lakukan Registrasi

Panitia pelaksana Pimnas 36 Universitas Padjadjaran sedang mengurus proses registrasi peserta Pimnas 36 di Auditorium Bale Santika Unpad, Jatinangor, Minggu (26/11/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Salsabila Diah Diometa dan Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau Pimnas ke-36 yang telah datang ke kampus Universitas Padjadjaran di Jatinangor melakukan proses konfirmasi ulang kehadiran atau registrasi secara luring di Auditorium Balai Santika Unpad Kampus Jatinangor, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023). Registrasi dibuka sejak pukul 08.00 WIB.

Ketua Bidang I Pimnas 36, Dr. Maulana Irfan, S.Sos., M.I.Kom., mengatakan bahwa proses registrasi sangat penting untuk memastikan kehadiran serta kesiapan para peserta untuk mengikuti rangkaian acara Pimnas. Selain itu, registrasi juga bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik dan membantu permasalahan yang mungkin dihadapi para peserta.  

“Peserta yang hadir dalam kegiatan Pimnas pasti akan bertemu dulu dengan tim registrasi. Artinya kami mencoba total memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin karena ini adalah sesi pertama para kontingen bertemu dengan tim unpad. Jadi kami mencoba memberikan service excellent pelayanan untuk bisa dinikmati oleh para peserta,” ungkapnya.

Dikatakan Irfan, hanya para official timnya saja yang melakukan registrasi dan diperbolehkan untuk masuk ke dalam ruangan. Mengingat dalam satu perguruan tinggi bisa jadi memiliki official yang berbeda, maka dibuatlah mekanisme bahwa satu official dapat mewakili maksimal 10 tim.

Hal ini dilakukan untuk memastikan ketelitian terhadap dokumen yang telah dipersiapkan oleh mereka. Kemudian, tim yang baru hadir juga disuguhkan makanan ringan dan minuman sembari menunggu official mereka keluar ruangan.

“Nanti di dalamnya mereka akan mendapatkan semacam suat berita acara untuk bisa dibawa kelengkapan-kelengkapan dokumennya yang sebetulnya sudah di-upload oleh peserta. Jadi ke sini hanya untuk menyatakan bahwa tim hadir dan siap untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dalam Pimnas itu sendiri. Setelah mereka daftar, mereka akan bergeser ke ruang poster, setelah itu kami mempersilahkan untuk melihat ruangan untuk survei, setidaknya sudah tahu di gedung mana,” jelasnya.

Lebih lanjut Irfan berkata bahwa sejauh ini registrasi berjalan kondusif dan tidak terdapat permasalahan yang signifikan. Panitia sudah membuat alur sedemikian rupa dengan delapan meja registrasi di depan serta terdapat tim helpdesk yang juga telah menyiapkan nomor antrean dan nomor kursi di dalam auditorium.

Ketua Bidang yang menaungi Kesekretariatan, Registrasi, dan Helpdesk ini juga membeberkan bahwa Unpad siap melayani para peserta Pimnas 36 melalui registrasi atau konfirmasi kehadiran ulang.

“Kemeriahan dan semangat berkompetisi menjadi bagian yang terintegrasi, yang menjadi slogan kami adalah kami siap melayani Anda karena registrasi adalah etalase Unpad. Karena langkah pertama peserta bertemu dengan pelayanan Unpad itu melalui registrasi, jadi ini yang kami lakukan, membangun satu citra baik untuk Unpad karena memang Unpad siap melayani seluruh peserta kontingen Pimnas dan bisa bertanding, berkompetisi dengan nyaman,” pungkasnya. (arm)*

Foto oleh Dadan Triawan dan Juli Hantoro

Share this: