Unpad Sediakan Fasilitas Nonton Bareng Presentasi Pimnas

Pengunjung menonton bersama presentasi kelompok PKM Pimnas ke-36, Selasa (28/11/2023). Unpad menyediakan fasilitas menonton bersama yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun pengunjung umum. (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Selain mempersiapkan ruangan untuk pelaksanaan penilaian presentasi Pimnas 36, Universitas Padjadjaran juga menyediakan sejumlah ruangan untuk pengunjung yang ingin menonton bersama tayangan presentasi yang sedang dilaksanakan. Penilaian presentasi dilaksanakan pada Selasa (28/11/2023) dan Rabu (29/11/2023).

Wakil Ketua Harian I Inu Isnaeni Sidiq, S.S., M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa fasilitas menonton bersama ini sebagai bentuk upaya agar mahasiswa khususnya mahasiswa Unpad terinspirasi untuk mengikuti kegiatan PKM di waktu yang akan datang.

“Supaya mereka terinspirasi dan terdorong untuk tergabung ke dalam kegiatan PKM yang bermuara di Pimnas. Karena ini merupakan sebuah ajang kompetisi di level mahasiswa yang terbesar dan juga yang paling bereputasi,” jelas Inu.

Lokasi menonton bersama bagi penonton umum terletak di dua lokasi, yaitu di Bale Mandiri Fakultas Pertanian dan di Teater Pengetahuan yang ada di Gedung Rektorat Unpad. Sedangkan untuk mahasiswa Unpad, menonton bersama penilaian presentasi Pimnas ini tersedia di sejumlah fakultas.

“Sehingga mereka tidak kesulitan untuk memantau dan mempelajari presentasi yang dilakukan di ruang utama presentasi,” kata Inu.

Inu juga mengimbau bahwa presentasi yang ditayangkan di dalam ruang menonton bersama tidak boleh difoto, direkam, dan dipublikasikan di media sosial. Hal ini terkait dengan kerahasiaan hasil penelitian peserta Pimnas.

“Kalau ingin mengetahui bagaimana penelitian mereka silakan datang ke ruang pameran poster. karena di pameran poster itu merupakan inti sari dari apa yang sudah mereka telliti untuk dijadikan sebagai materi Pimnas mereka,” jelasnya.

Sementara itu, kegiatan presentasi Pimnas 36 dilakukan di 25 ruangan yang tersebar di 14 fakultas di kampus Unpad Jatinangor.

Inu mengatakan bahwa setiap ruangan terdiri dari 21 tim yang akan melaksanakan presentasi. Setiap ruangan menampung sebanyak 84 orang peserta yang akan presentasi dan juga 21 dosen pembimbing.

“Jadi kurang lebih ada 100-110 orang di dalam ruangan itu. Kita menyiapkan ruangan dengan kapasitas di atas 120-150 orang. Bahkan di beberapa lokasi kita menggunakan tempat-tempat yang kapasitasnya sampai 250 orang supaya leluasa,” kata Inu.

Selain kapasitas ruangan yang memadai, Inu juga menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi syarat agar ruangan bisa dipakai menjadi ruang penilaian presentasi Pimnas. Inu mengatakan bahwa ruangan harus memiliki jaringan internet dan sistem audio yang baik, serta memiliki perangkat layar monitor yang besar, sehingga mempermudah proses penilaian dari juri.

Tidak hanya itu, Inu juga mengatakan bahwa ruangan harus terjamin keandalan listrik dan jaringannya. Selanjutnya, ruangan juga harus dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan agar peserta dan juri bisa tetap merasa nyaman selama berada di dalam ruangan.

“Karena setiap presentasi itu diundi, jadi kalau misalnya kebetulan ada kelompok yang kebagian terakhir maka mereka akan menunggu sangat lama, sehingga suasana ruangan yang nyaman dan sejuk itu menjadi satu hal yang harus dipersiapkan oleh panitia,” ujar Inu. (art)*

Share this: