BEM Kema Unpad Gelar Aksi Jaga Lingkungan di Pesisir Sukabumi

Tim Padjadjaran Jaga LIngkungan BEM Kema Unpad di Pulau Kunti dan Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, 25-26 November 2023.*

[Kanal Media Unpad] BEM Kema Universitas Padjadjaran Kabinet Kunci Jawaban tahun 2023 melaksanakan kegiatan Padjadjaran Jaga Lingkungan (Padjangan) di Pulau Kunti dan Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, 25-26 November 2023.

Kegiatan ini mengusung tema Life Beneath the Sea, yang memiliki makna eksplorasi dan pemahaman tentang kehidupan di bawah permukaan laut.

Rangkaian kegiatan Padjangan 2023 meliputi edukasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut, khususnya terumbu karang dan Blue Carbon kepada 21 anak SD Negeri Tegal Caringin, aksi bersih pantai di pesisir Pantai Palangpang yang diikuti oleh 95 orang dan berhasil mengumpulkan kurang lebih 170 Kilogram sampah pantai, serta transplantasi 80 bibit terumbu karang di perairan Pulau Kunti.

Selain itu, tim Padjadjaran Jaga Lingkungan juga telah melakukan riset dan kajian mengenai ekowisata bahari di pesisir Pantai Palangpang dan Pulau Kunti.

Pada kegiatan kali ini, BEM Kema Unpad berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Ocean Young Guards, Save The Children, Trash Ranger Indonesia, Geopark Youth Forum Sukabumi, Komunitas Pemandu Wisata Ciletuh, dan Satgas Lifeguard Balawista Indonesia Kabupaten Sukabumi.

“Padjangan merupakan bentuk aksi nyata mahasiswa sebagai agent of change yang harapannya dapat berdampak dan memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat,” kata Dilan selaku PO Padjangan 2023.

Lebih lanjut Dilan berharap, Padjadjaran Jaga Lingkungan 2023 dapat menjadi langkah awal bagi pemuda Indonesia dalam menyerukan aksi-aksi serupa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut, khususnya terumbu karang.

Budi Hartono sebagai perwakilan desa menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Pemerintah desa siap mendukung karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sosial dan lingkungan Desa Ciwaru. (rilis)*

Share this: