Sebanyak 31 Pimpinan PTN/PTS Ikuti Program PKKPT Batch II di Unpad

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti membuka program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk pimpinan perguruan tinggi Batch II di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (4/12/2023). (Foto: Arif Maulana)*

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 31 peserta mengikuti program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk pimpinan perguruan tinggi gelombang/batch II yang diselenggarakan 4-10 Desember 2023. Acara telah dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (4/12/2023).

Tahun ini, Unpad dipercaya menjadi perguruan tinggi penyelenggara PKKPT untuk pimpinan bagi Wakil Rektor/Dekan/Direktur Pascasarjana untuk dua gelombang. Sebelumnya, penyelenggaraan PKKPT Batch I telah diselenggarakan pada November 2023. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pada Batch II, PKKPT diikuti oleh 25 dekan dan 6 Wakil Rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Diharapkan Rektor, peserta akan mendapat banyak manfaat, terutama dalam pengelolaan perguruan tinggi masing-masing peserta.

“Perguruan tinggi itu dicirikan pemimpinnya tidak hanya punya aspek manajerial tetapi juga perilaku, sikap, sebagai academic leader,” kata Rektor.

Selain itu, Rektor berharap peserta dapat lebih tertantang untuk mempraktikkan ilmu yang didapat pada PKKPT ini serta memberi dampak pada kemajuan dan kualitas perguruan tinggi.

Sementara itu, perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nafiron Musfiqin Uddin berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal yang baik bagi peserta untuk meningkatkan kapasitas sebagai pemimpin di masing-masing perguruan tinggi.

“Sepulang dari sini kita bisa punya inpirasi, ada sesuatu yang perlu kita diskusikan bersama Unpad dan narasumber untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan Bapak/Ibu sekalian,” harapnya.

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber. Bukan hanya dari Unpad, tetapi juga dari lembaga terkait. Pemberian materi menggunakan modul yang disusun oleh konsorsium Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead).

Peserta pun berkesempatan menjadi bagian Perkumpulan Pendidikan Kepemimpinan Perguruan Tinggi (Pemimpin). “Jadi di acara ini tidak hanya menambah ilmu, tetapi juga menambah jejaring,” kata Direktur Sumber Daya Manusia sekaligus Ketua Panitia Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D. (arm)*

Share this: