Tim PPM PSDKU Unpad Giat Edukasi Cegah Stunting di Desa Cibanten, Pangandaran

Suasana kegiatan pengabdian edukasi stunting yang dilakukan tim PPM PSDKU Unpad Pangandaran kepada masyarakat Desa Cibanten, Pangandaran, 25 November 2023.*

[Kanal Media Unpad] Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat PSDKU Unpad Pangandaran kembali melakukan kegiatan penyuluhan mengenai pemenuhan gizi ibu hamil dan balita dalam rangka penanggulangan stunting di Desa Cibanten, Cimerak, Kabupaten Pangandaran, 23 November 2023.

Tim yang diketuai Dosen Prodi Administrasi Bisnis PSDKU Unpad Linda Kurniawati, M.M., wakil ketua Dwi Masrina, M.Med.Kom., serta dibantu tim mahasiswa tersebut bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait pentingnya pemenuhan gizi pada ibu hamil dan juga balita.

“Kegiatan ini dirancang dengan tujuan agar para ibu hamil dan balita yang ada di Desa Cibanten mampu menentukan dan mengonsumsi gizi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan gizi mereka,” tulis Dwi dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Kegiatan penyuluhan ini menghadirkan narasumber Dosen Keperawatan PSDKU Unpad Khoirunnisa, M.Kep., Ners., S.Kep.An., yang memaparkan materi mengenai tumbuh kembang anak.

Usai penyampaian materi, digelar diskusi kelompok terpumpun untuk menggali beragam potensi produk lokal kaya gizi yang dapat dijadikan sumber pemenuhan gizi balita.

Dari hasil diskusi tersebut, diperoleh informasi beragam hasil bumi, seperti jagung manis, ikan gabus, daun kelor, dan belut yang memiliki nilai gizi tinggi. Hasil bumi tersebut telah dimanfaatkan sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita di desa tersebut.

“Melalui program ini, masyarakat di Desa Cibanten diharapkan bisa lebih sadar akan pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang dan lebih mampu dalam memanfaatkan setiap sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai asupan gizi. Sehingga, angka stunting di Desa Cibanten ini bisa ditekan dan ditanggulangi,” pungkas Dwi. (rilis)*

Share this: