Mahasiswa Unpad Promosikan Beragam Potensi Wisata di Kampung KB Batukaras

Mahasiswa KKN Unpad sedang memasang plang peta wisata di pesisir Pantai Batukaras, Kabupaten Pangandaran.*

[Kanal Media Unpad] Tim mahasiswa KKN Universitas Padjadjaran kelompok 64 melaksanakan sejumlah kegiatan untuk mempromosikan potensi wisata di Kampung KB Dusun Sanghiangkalang, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (3/2/2024).

Kelompok KKN dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Windy Dermawan, S.IP.,M.Si. ini hadir dengan nama kegiatan “Bersinar: Batukaras Ekshibisi Rupa Seni Indah Nusantara”.

Perwakilan tim KKN 64 Ima Ismatul Maula mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membawa destinasi wisata di Batukaras bisa lebih bersinar hingga ke mancanegara. Ini dilakukan mengingat begitu banyak potensi wisata selain pantai yang ada di Batukaras, seperti Situ Cisamping, Hutan Mangrove, Green Canyon¸ Tanjung Pangelek, dan Lagoon.

Proyek ini mengintegrasikan sejumlah program dari setiap subtema yang ada dalam kelompok, yaitu pemberdayaan masyarakat, ekonomi kreatif, sumber daya alam, seni budaya, dan kesehatan.

Kegiatan diawali dengan peresmian plang peta wisata di pesisir pantai. Acara dilanjutkan dengan ekshibisi dan talkshow.

Kegiatan talkshow yang dilaksanakan yaitu terkait optimalisasi media sosial sebagai media promosi desa wisata. Kegiatan ini digelar untuk memperkaya wawasan para pelaku wisata di desa tersebut.

Sementara itu, ekshibisi yang ada pada kegiatan ini menampilkan beberapa karya dari para pengrajin pahat lokal serta makanan khas daerah Batukaras. Hasil karya para fotografer dari Batukaras juga turut ditampilkan pada pameran ini.

Pada kegiatan ini juga ditampilkan infografis dari setiap subtema dengan tujuan mengenalkan kondisi dan potensi yang ada di Desa Batukaras.

Selain itu, terdapat fasilitas bagi para pengunjung yang ingin melakukan donor darah dengan suguhan pantai dan suara deburan ombak.

Acara dihadiri oleh lebih dari 100 orang, meliputi wisatawan, masyarakat lokal, wisatawan domestik dan mancanegara, pokdarwis, karang taruna, serta mahasiswa Unpad yang sedang melakukan kegiatan KKN di Kabupaten Pangandaran.

“Kehadiran kegiatan ini juga diharapakan mampu memotivasi masyarakat agar kegiatan ini bisa terus berlanjut sebagai event tahunan Desa Batukaras. Hal ini ditujukan agar masyarakat lebih mengenal dan sadar akan setiap potensi wisata yang ada di Batukaras,” kata Ima. (rilis)*

Share this: