Kini, Keberadaan Angkutan Kampus dan Ruangan Kampus Unpad Bisa Dicek Secara “Online”

[unpad.ac.id, 30/8/2018] Pengguna layanan angkutan kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor saat ini semakin dimudahkan dengan tersedianya informasi virtual untuk mengetahui keberadaan lokasi kendaraan secara waktu nyata (real time). Layanan informasi ini dapat diakses di laman http://sarpras.unpad.ac.id/angkutankampus 

Seorang mahasiswa sedang mengecek keberadaan angkutan kampus yang beroperasi di dalam kampus Jatinangor, Kamis (30/8). ] Pengguna layanan angkutan kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor saat ini semakin dimudahkan dengan tersedianya informasi virtual untuk mengetahui keberadaan lokasi kendaraan secara waktu nyata (real time) di http://sarpras.unpad.ac.id/angkutankampus. (Foto: Tedi Yusup)

“Sekarang pengguna dapat dengan mudah melihat posisi angkutan kampus ada dimana,” kata Direktur Sarana dan Prasarana Unpad, Dr. Irwan Ary Dharmawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/8).

Layanan informasi ini tersedia untuk mendukung perkuliahan terpadu yang dilakukan Unpad. Layanan ini diharapkan dapat memudahkan sivitas akademika, tenaga kependidikan, maupun mitra Unpad yang ingin menggunakan angkutan kampus.

Diungkapkan Dr. Irwan, tidak ada syarat khusus mengenai gawai seperti apa untuk dapat mengakses layanan tersebut.

“Yang penting terkoneksi dengan internet dan ada browser,” ujar Dr. Irwan.

Dengan mengakses layanan informasi tersebut, pengguna dapat mengetahui pergerakan sejumlah angkutan kampus yang beroperasi. Informasi angkutan ditunjukan dalam tiga warna, yaitu hijau mengacu angkutan kampus untuk jalur kampus IPA, kuning untuk angkutan jalur IPS, dan merah menunjukkan angkutan sedang parkir (mesin dimatikan).

Selain untuk memudahkan pengguna, dengan adanya portal informasi tersebut, pemeliharaan kendaraan pun dapat lebih mudah. Diungkapkan Dr. Irwan, pihaknya akan lebih mudah memantau jarak tempuh, kecepatan maksimum, dan bahan bakar dari setiap angkutan kampus yang beroperasi setiap harinya.

“Artinya saya bisa menjadwalkan nanti ke depan kapan kendaraan tersebut harus diservis, dilihat track-nya seperti ini,” ujarnya.

Selain layanan informasi angkutan kampus, saat ini keberadaan ruangan di seluruh kampus Unpad juga dapat diakses berbasis dalam jaringan (online). Para pengguna dapat mengakses http://sarpras.unpad.ac.id/lokasikampus untuk mengetahui lokasi ruangan yang sedang dicari.

Dr. Irwan mengungkapkan, saat ini Unpad sudah melakukan standarisasi kode ruangan di seluruh wilayah kampus Unpad. Dengan demikian, setiap fakultas dan setiap wilayah kampus memiliki kode ruangan yang sama. Kode tersebut memiliki 12 digit, mencakup kode lokasi, wilayah, zona, gedung, lantai, dan ruangan.

“Saat ini Unpad sudah memiliki kode standar,” ujarnya.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: