Kafilah Unpad Raih Tiga Gelar Juara di MTQ Mahasiswa Nasional XIII 2013

Anggota Kafilah Unpad yang meraih gelar juara di MTQ Mahasiswa Nasional XIII 2013 *

[Unpad.ac.id, 1/07/2013] Kafilah Unpad berhasil meraih tiga gelar juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XIII 2013 yang berlangsung di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang, 23-29 Juni 2013 lalu. Sementara juara umum kompetisi dua tahunan ini diraih oleh Universitas Negeri Malang. MTQ Mahasiswa Nasional XIII 2013 diikuti oleh 1.416 peserta dari 126 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Anggota Kafilah Unpad yang meraih gelar juara di MTQ Mahasiswa Nasional XIII 2013 *

Ketiga juara itu dipersembahkan oleh Taofik Al-Nur (Farmasi 2009) dan Nanda Najih (Teknik Geologi 2012) yang meraih juara II Karya Tulis Ilmiah Al-Quran, Naely Zulfa meraih juara Harapan II Lomba Hifdzil Quran 1 Juz, dan Muhammad Lutfhfi (MIPA 2010) yang meraih juara Harapan II Lomba Hifdzil Quran 5 Juz.

Keilmuan selama belajar di Unpad, dengan membawa nilai-nilai Islam yang terharmonisasi dengan pengaplikasian ilmu farmasi dan geologi, berhasil membawa kemenangan tersendiri bagi tim Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an dengan judul karya tulis ilmiah “Desain Rumah Terapi AntiAging berbasis Kisah Ashabul Kahfi dengan Pendekatan Geofarma sebagai upaya Optimalisasi Usia Harapan Hidup Nasional”.

Tim Universitas Negri Malang yang menjadi juara umum mengatakan, keberhasilan mereka tidak lepas dari proses seleksi yang dilakukan sejak penerimaan mahasiswa baru, kemudian setiap mahasiswa yang sejak awal sudah diketahui minat dan bakatnya dalam bidang MTQ terus menerus dilatih serta mendapat perhatian, pengembangan dan dukungan baik moril maupun materil dari pihak kemahasiswaan.

Strategi seperti ini dapat kita jadikan contoh bersama agar menjadi lebih baik lagi. Dalam hasil evaluasi kafilah Unpad, disepakati bahwa diperlukannya sistem rekrutmen yang baik, serta pelatihan yang instensif dari masa penyeleksian, penerimaan dan persiapan lomba. *

Rilis: Tim Unpad MTQ Mahasiswa Nasional XIII / eh

Share this: