Ikuti Program “Permata”, 11 Mahasiswa Unpad Akan Kuliah di USU dan Unhas

Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad, Dr. Med. Setiawan saat memberi pembekalan dan melepas keberangkatan mahasiswa Unpad yang mengikuti program "Permata" ke USU dan Unhas di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (3/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 4/09/2014] Sebanyak 11 mahasiswa Unpad mengikuti Program “Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara” (Permata). Enam orang diantaranya akan mengikuti perkuliahan di Universitas Sumatera Utara (USU), sedangkan sisanya akan mengikuti di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad, Dr. Med. Setiawan saat memberi pembekalan dan melepas keberangkatan mahasiswa Unpad yang mengikuti program "Permata" ke USU dan Unhas di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (3/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad, Dr. Med. Setiawan saat memberi pembekalan dan melepas keberangkatan mahasiswa Unpad yang mengikuti program “Permata” ke USU dan Unhas di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (3/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Mereka akan mengikuti masa perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015 di 2 PTN tersebut sesuai dengan program studi tiap mahasiswa. Adapun pemberangkatan menuju USU dan Unhas dilaksanakan pada Kamis (4/09) pagi ini. Sebelum berangkat, mereka pun diberikan pembekalan langsung oleh Wakil Rektor Bidang PPM dan Kerja Sama Unpad, Dr. Med. Setiawan, Rabu (3/09) sore, di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

“Diharapkan selain memperkaya pembelajaran, juga dapat memperkaya dimensi soft skill-nya,” ujar Dr. Setiawan.

Pembekalan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Ir. Iskandar, M.Si., Wakil Dekan I Fakultas Pertanian, Anas Ir., M.Sc., Ph.D., Kepala Bagian Pembelajaran dan Registrasi Unpad, Dra. Heni Suryaningsih, M.I.Kom., serta Sekretaris UPT Kerja Sama Unpad, Kasno Pamungkas, M.Hum.

Dr. Setiawan menambahkan, kesebelas mahasiswa tersebut merupakan duta Unpad pertama untuk program Permata sehingga menjadi kesempatan untuk mempelajari budaya masyarakat di sana. Selain itu, para mahasiswa pun akan menjadi reviewer terhadap aspek pendidikan dan suasana lingkungan kampus.

“Pada intinya kita harus juga dapat mengukir prestasi di sana. Tapi saya tidak berharap bahwa nilai tinggi itu akan mengabaikan kegiatan selain akademik. Jadi harus balance,” imbuhnya.

Permata merupakan program yang digagas oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI) dan didukung oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti. Program ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa PTN setanah air untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di PTN lainnya di nusantara, dalam bentuk kegiatan akademik atau credit earning/credit transfer.

Unpad sendiri saat ini telah merealisasikan kerja sama terkait program Permata ini dengan USUdan Unhas. Kedua PTN tersebut juga akan mengirimkan mahasiswanya untuk berkuliah di Unpad. Adapun penerimaannya sendiri akan dilaksanakan pada Jumat (5/09) besok.

Mahasiswa yang mengikuti program ini merupakan mahasiwa yang telah menempuh minimal 5 semester dari PTN anggota MPRTNI, serta memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,0. Selain itu, mahasiswa tersebut tidak pernah dikenakan sanksi akademik atau peraturan disiplin dan etika mahasiswa pada perguruan tinggi pengirim yang dibuktikan dengan surat keterangan Dekan atau Ketua Program Studi.

Adapun nama mahasiswa Unpad yang mengikuti Program Permata ini adalah sebagai berikut:

  1. Feisal RS ke Faperta USU
  2. Nourma A. ke Faperta USU
  3. Enkrina S. ke Faperta USU
  4. Elis Nuraeni ke Faperta USU
  5. Gustia Wulandari ke FH USU
  6. Aris Nugraha ke  Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas
  7. Ismail Maqbul ke Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas
  8. Egy Purnama ke Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas
  9. Khurin Nabillah ke Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas
  10. Khalis Dwi H. ke Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas
  11. Maryam Prabarini ke Faperta USU

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: