Center of Sustainable Development Goals Studies (SDGs Center)

Universitas Padjadjaran berkomitmen penuh mendukung agenda pembangunan global yang tertuang dalam konsep Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan. Konsep ini resmi disetujui oleh para  pimpinan dari berbagai negara di dunia sejak tahun 2015. Konsep SDGs merupakan kelanjutan dari konsep Millenium Development Goals (MDGs) yang telah terlebih dahulu dilaksanakan.

Tatanan SDGs memuat 17 tujuan dan 169 target pembangunan. Konsep ini juga didukung penuh oleh seluruh perguruan tinggi dunia yang ditandai dengan lahirnya tatanan Higher Education Sustainability Initiative guna mendukung penerapan SDGs. Tatanan tersebut telah diadopsi oleh 272 universitas di 47 negara. Unpad sendiri telah berkomitmen menjadi bagian dalam tatanan tersebut.

Konsep pembangunan berkelanjutan memiliki konteks yang sama dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup bagi Pembangunan Nasional”. Pola Ilmiah Pokok ini merepresentasikan bahwa aktivitas Tridharma yang dilakukan Unpad harus menjunjung tinggi hukum dan mendukung program keberlanjutan lingkungan.

Dengan dukungan kuat dari universitas, SDGs Center di Unpad resmi berdiri pada 20 Mei 2016. Pusat Studi ini berfokus pada studi kebijakan yang berorientasi pada tujuan global SDGS. Selain itu, SDGs Center juga ikut mendukung Pemerintah dalam mewujudkan pencapaian pembangunan berkelanjutan di Indonesia pada 2030.

Adapun misi SDGs Center Unpad adalah menghasilkan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian serta menghasilkan inovasi dan strategi; memonitor kemajuan pencapaian SDGs secara independen; mengutamakan SDGs dalam penelitian dan kebijakan; serta memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan. Aktivitas di pusat studi ini akan diisi dengan kajian independen, kerja sama penelitian dan publikasi, seminar, dan pelatihan.