Sastra Perancis

Akreditasi: B
E-mail:
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:

Deskripsi:
Program studi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad merupakan salah satu program studi yang diminati di FIB Unpad. Dengan mengadopsi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), program studi Sastra Perancis FIB Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama di bidang kebahasaan, sastra, budaya, dan penerjemahan, serta kompetensi pendukung di bidang pariwisata, diplomasi, kajian budaya, dan kewirausahaan.

Dengan dibimbing oleh staf pengajar yang seluruhnya telah bergelar Magister dan seorang native speaker, proses belajar mengajar diselenggarakan untuk menunjang tiga bidang pengutamaan, yaitu linguistik, sastra, dan penerjemahan Selain itu, program studi Sastra Perancis FIB Unpad kini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi reakreditasi pada tahun 2013.

Standar kompetensi yang diberlakukan pada lulusan program studi ini yang cukup tinggi dan bertaraf internasional, yaitu mencapai tingkat B2 DELF (ujian kemampuan berbahasa Perancis). Ijazah yang dimiliki diakui di seluruh dunia sehingga memungkinkan bagi lulusan untuk melanjutkan studi atau bekerja di berbagai perusahaan, baik di Prancis atau di negara-negara frankofon (Swiss, Belgia, Kanada, Aljazair, Maroko, dan sebagainya). Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:
Lulusan program studi Sastra Perancis FIB Unpad banyak yang bekerja di berbagai perusahaan,   baik di dalam maupun  luar negeri. Lapangan kerja yang diminati sebagian besar lulusan adalah menjadi pegawai di instansi pemerintahan pemerintah di Perancis dan Indonesia (Kemenlu, Kedubes, dan lain-lain), biro perjalanan wisata, bidang pengajaran bahasa Perancis, menjadi penulis buku dan penerjemah profesional, serta bidang kewirausahaan.