Sastra Perancis

Akreditasi: A
E-mail: kaprodi.sastraperancis.s1@unpad.ac.id
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:

Deskripsi: 
Program studi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Surat Keputusan No. 6697/UU tanggal 12 Agustus 1960 dengan nama awal Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis. Program studi ini kemudian mengalami perubahan nama menjadi Jurusan Sastra Roman Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 217/Dikti/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1991 tentang Program Studi pada Program Sarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Visi penyelenggaran program studi Sastra Perancis adalah berkomitmen untuk mengembangkan pembelajaran bahasa, sastra dan budaya Perancis yang diakui di tingkat nasional maupun internasional, serta mampu beradaptasi terhadap perubahan di tingkat nasional maupun internasional di tahun 2026. Program studi ini bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan adaptif dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Perancis.

Kurikulum:
Secara garis besar, bahan kajian di program studi Sastra Perancis terbagi dalam kelompok-kelompok mata kuliah. Kelompok tersebut meliputi: mata kuliah umum, mata kuliah penciri perguruan tinggi, mata kuliah penciri fakultas, serta mata kuliah penciri program studi. Adapun kelompok mata kuliah penciri program studi terbagi atas kelompok mata kuliah kebahasaan, mata kuliah sastra, mata kuliah linguistik dan terjemahan, mata kuliah kebudayaan, serta mata kuliah riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Dari pengelompokkan tersebut dapat terlihat bahwa struktur mata kuliah yang tersusun di Program Studi Sastra Perancis bersifat hierarkis dari mulai mata kuliah yang bersifat umum sebagai titipan negara hingga mata kuliah yang bersifat sangat khusus, yang hanya terdapat di program studi Sastra Perancis Unpad. Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:
Lulusan program studi Sastra Perancis FIB Unpad banyak yang bekerja di sektor profesional, baik dalam maupun luar negeri. Sebagian besar lapangan pekerjaan yang diminati adalah sebagai berikut:

1. Pegawai di Institusi Perancis
Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, kemampuan untuk memimpin dan berkerja sama serta berkomunikasi dalam bahasa Perancis secara lisan dan tulis.

2. Penerjemah
Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, dan kemampuan untuk menerjemahkan sumber bahasa Perancis baik lisan maupun tulis.

3. Agen Pariwisata
Memiliki sikap profesional, rasa tanggung jawab, kemampuan untuk mengatur dan merencanakan perjalanan wisata serta pendampingan turis.

Setelah lulus dari Program Studi Sastra Perancis, mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi (S2) dengan bidang ilmu sastra, linguistik, kebudayaan, penerjemahan, kepariwisataan, hubungan internasional, komunikasi dan sebagainya.*