Gelar Pameran Produktivitas, Capaian Mutu Universitas Padjadjaran Meningkat dalam Tiga Tahun Terakhir

[unpad.ac.id, 20/3/2018] Berbagai capaian kinerja sejumlah fakultas dan unit kerja di lingkungan Universitas Padjadjaran ditampilkan dalam Pameran Produktivitas Akademik yang digelar di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (20/3).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Ketua Majelis Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Prof. Dwiwahju Sasongko dan sejumlah pimpinan Unpad sedang meninjau berbagai stan fakultas dan unit kerja yang memamerkan berbagai capaian dan produktivitasnya dalam kegiatan Pameran Produktivitas Akademik di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (20/3). (Foto: Tedi Yusup)*

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad mengungkapkan bahwa kegiatan ini digelar untuk melihat seperti apa capaian unit-unit kerja di Unpad sebagai upaya bersama membangun mutu universitas secara berkelanjutan. Acara ini didasari pada komitmen membangun mutu yang telah dideklarasikan Unpad pada 21 Maret 2016 lalu.

“Setelah dua tahun kita melihat seperti apa hasil kerja kita bersama-sama untuk menjadikan suatu fundamen agar ke depan kita dapat maju terus membangun, bukan hanya lembaga kita, tetapi penting bisa memberikan kebaikan bagi pihak-pihak yang lain,” kata Rektor saat membuka acara.

Kegiatan ini juga digelar untuk menyambut Hari Bahagia Sedunia yang jatuh setiap tanggal 20 Maret. Menurut Rektor, ukuran kebahagiaan adalah mengenai kualitas hidup. Dengan membangun mutu kehidupan yang baik dan terintegrasi, diharapkan mutu kelembagaan akan baik dan berkelanjutan.

“Kualitas yang baik yang kita miliki tidak berhenti pada diri kita, tetapi juga bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas yang lain,” kata Rektor.

Sementara itu, Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., mengungkapkan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen Unpad dalam menetapkan berbagai mutu yang telah ditargetkan.

“Di hari kebahagiaan ini untuk memperlihatkan bahwa inilah kinerja bahagia untuk bangsa,” ujar Dr. Funny.

Diungkapkan Dr. Funny, dalam 3 tahun terakhir, ada peningkatan signifikan pencapaian mutu yang dicapai, khususnya akreditasi fakultas. Peningkatan mutu ini bukan hanya pencapaian peringkat akreditasi, tetapi didalamnya juga mencakup peningkatan produktivitas dan kualitas.

“Bukan hanya nilai ‘A’-nya saja, tetapi sudah banyak standar-standar yang sudah berhasil oleh prodi-prodi itu dicapai, dan melampaui standar minimum,” ungkap Dr. Funny.

Pameran produktivitas akademik digelar sebagai ekspose terhadap produktivitas dari setiap fakultas dan unit kerja. Tujuannya agar berbagai pihak mengetahui luaran yang telah diraih. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk pengumpulan dokumen untuk akreditasi universitas yang akan diajukan pada pertengahan tahun ini.

“Dengan adanya ekspose ini setidaknya kita bisa melihat setiap fakultas dan unit yang ada itu apa yang sudah dicapainya, dan sebagai sarana silaturahmi,” ujar Dr. Funny.

Dr. Funny pun berharap ke depannya berbagai upaya yang dilakukan Unpad selama ini akan membuahkan hasil lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai akreditasi bukan menjadi tujuan utama, tetapi peningkatan kinerja menjadi upaya yang terus disinergikan.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan sejumlah pemenang stan terbaik. Penilaian dilihat dari penataan stan dan capaian produktivitas. Juara pertama diraih oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, juara kedua diraih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta juara ketiga diraih oleh Direkorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik, Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik, serta Fakultas Peternakan.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar Dialog Interaktif Bahagia Membangun Bangsa Melalui Pendidikan Unggul dan Berkelanjutan dengan pembicara Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT, Prof. Dwiwahju Sasongko. Dalam pemaparannya, Prof. Sasongko mengungkapkan bahwa akreditasi merupakan kebutuhan dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi.

“Tuntutannya adalah budaya mutu harus terbentuk,” ujarnya.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am