Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Kegiatan Seeds For The Future 2018 di Shenzen, RRT

[unpad.ac.id, 13/9/2018] Dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran berkesempatan mewakili Indonesia dalam kegiatan Seeds For The Future 2018 yang digelar oleh Huawei Technologies di Shenzen, Republik Rakyat Tiongkok, 25 Agustus hingga 7 September 2018.

Dua mahasiswa FMIPA Unpad, Delia Hayatul Millah (kanan) dan Fazlur Rahman (kiri) menjadi delegasi Indonesia dalam kegiatan Seeds For The Future 2018 yang digelar oleh Huawei Technologies di Shenzen, 25 Agustus hingga 7 September 2018.*

Dua mahasiswa tersebut ialah Fazlur Rahman dan Delia Hayatul Millah. Keduanya termasuk dalam 10 delegasi Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain 10 delegasi dari Indonesia, terdapat 20 delegasi lainnya dari Jepang dan Meksiko.

Ajang “Seeds For The Future” merupakan program CSR global Huawei Technology yang mengirimkan mahasiswa mahasiswa terbaik berangkat ke RRT. Program ini bertujuan mempelajari beragam inovasi pada bidang teknologi informasi dan komunikasi di kantor pusat Huawei.

Selama dua pekan, para delegasi mengunjungi dua kota di RRT yaitu Beijing dan Shenzhen. Pekan pertama berada di Beijing, kemudian pekan kedua di kantor pusat Huawei di Shenzen.

Di kota Beijing, delegasi belajar bahasa Mandarin dan pelatihan budaya melukis tulisan Mandarin melalui media kain, tinta hitam dan kuas di kampus Beijing Languange and Culture University (BLCU). Sementara di kota Shenzhen, mereka mempelajari teknologi terkini di laboratorium Huawei untuk mencoba langsung teknologi 4G Base Station.

Materi lainnya yang diberikan meliputi perkembangan teknologi jaringan 3G/4G/5G, komputasi awan, Internet of Things hingga jaringan cerdas.

Pada prosesi kelulusan, setiap delegasi dari tiap negara menampilkan penampilan seni tradisional. Fazlur dan Delia bersama delegasi Indonesia menampilkan tari kecak, cik cik periuk, ondel ondel, dan gemu famire sekaligus menyanyikan lagu kebanggaan “Indonesia Pusaka”.

Unpad pun sudah dua tahun terakhir mengirimkan delegasi terbaiknya untuk mengikuti kegiatan Seeds For The Future. Mereka berharap Unpad dapat mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut pada tahun tahun berikutnya.*

Rilis/am