Seleksi NUDC 2014 Masuki Tahap Pembinaan bagi Peserta Terbaik Tingkat Unpad

Foto bersama peserta dan juri seleksi NUDC Tingkat Unpad *

[Unpad.ac.id, 22/04/2014] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Speaking Union (ESU) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (LPKA) Unpad menggelar seleksi internal National University Debating Championship (NUDC) 2014. Seleksi digelar pada 19 – 20 April lalu di Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Foto bersama peserta dan juri seleksi NUDC Tingkat Unpad *
Foto bersama peserta dan juri seleksi NUDC Tingkat Unpad *

Seleksi internal yang diikuti 30 peserta ini digelar untuk mempersiapkan delegasi terbaik yang akan dikirim untuk mengikuti NUDC 2014 tingkat Kopertis IV pada bulan Mei mendatang. Adapun Tim juri yang hadir dalam seleksi tersebut terdiri dari dosen, debater dari ESU Unpad, serta debater dari universitas lainnya seperti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Tim juri dipilih berdasarkan kemampuan dan latar belakang yang sangat baik dalam agar mendapatkan penilaian yang lebih objektif untuk memilh tim dan delegasi terbaik.

Pada hari pertama, dilaksanakan pre-eliminary round yang terdiri dari tiga babak. Seleksi tahap ini dilakukan untuk menyeleksi tim yang akan lolos ke eliminary round pada hari kedua. Terdapat delapan tim yang lolos ke eliminary round, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Psikologi (Fapsi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK).

Sementara pada hari kedua, terpilih empat tim yang menuju babak Grand Final, yaitu FEB, FK, FISIP, dan Fakultas Farmasi. Di dalam debat yang ketat tersebut, terpilihlah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebagai juara pertama, Fakultas Kedokteran (FK) sebagai runner up, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai second runner up, dan Fakultas Farmasi (FF) sebagai grand finalis.

Di dalam seleksi ini, juga dipilih lima pembicara terbaik, yaitu Muh. Erfan S. (FEB), Ratu Istihajar K (FK), Tengku Omar (FEB), Argya Nareswara (FK), dan Fauzan Fikri (FF). Kelima pembicara terbaik tersebut akan mengikuti latihan intensif untuk dibina hingga akhirnya dipilih sebagai delegasi yang akan mewakili Universitas Padjadjaran di NUDC Tingkat Kopertis.*

Rilis oleh: ESU Unpad / am*

Share this: