Pembangunan RSPTN Unpad Tahap 2 Resmi Gunakan Skema KPBU

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menerima draf awal Dokumen Regulasi dan Standard Operating Procedure (SOP) Pembangunan RSPTN Unpad Tahap 2 dalam acara Kick Off PDF KPBU RSPTN Unpad di Executive Lounge, Gedung 2 lantai 2, Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung Rabu (29/9/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Pembangunan Rumah Sakit PTN (RSPTN) Universitas Padjadjaran Tahap 2 akan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU dan telah didukung Kementerian Keuangan melalui Project Development Facility (PDF). Kick Off PDF KPBU RSPTN Unpad telah dilakukan di Executive Lounge, Gedung 2 lantai 2, Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung Rabu (29/9/2023).

Kick off tersebut menandakan dimulainya persiapan proyek KPBU RSPTN Unpad. Ditargetkan, pada kuartal 4 tahun 2024 akan ditandatangani perjanjian KPBU serta dilanjutkan dengan financial close.

Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Kemenkeu RI Brahmantio Isdijoso mengatakan bahwa selain dukungan penyiapan proyek KPBU, fasilitas PDF dari Kemenkeu juga akan mendukung penyiapan manajemen RSPTN Unpad dan penguatan kapasitas keuangan di Unpad.

Diungkapkan Brahmantio, Unpad menjadi pionir dalam proyek KPBU pada Rumah Sakit Pendidikan yang dibangun oleh PTN BH.

“Harapan kami proses ini juga menjadi sebuah knowledge management yang dibuat oleh Unpad,” harapnya.

Dalam pelaksanaan PDF KPBU RSPTN Unpad, Kemenkeu menugaskan PT Sarana Multi Infrastruktur Persero atau PT SMI. Sejumlah konsultan berpengalaman telah disediakan PT SMI dalam proyek KPBU, di antaranya Indonesia Infrastructur Finance (IIF) sebagai penasihat finansial dan Armand Yapsunto Muharamsyah & Partner (AYMP) sebagai penasihat legal.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti berharap persiapan proyek KPBU melauli fasilitas PDF ini akan berjalan lancar sesuai jadwal. Kolaborasi dari berbagai pihak terkait pun dapat terjalin kuat.

“Mudah-mudahan sesuai dengan semangat dan tujuannya, pada waktunya dapat terwujud,” harap Rektor.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua KPI Majelis Wali Amanat Unpad Prof. Dr.Ir.Vijaya Isnaniawardhani, M.T., Direktur Pengembangan Pendanaan Pembangunan Bappenas RI Drs. Sri Bagus Guritno, AK, M.Sc (secara daring), Direktur PT SMI Darwin Trisna Djajawinata, perwakilan dari IIF dan AYMP Lawfirm, serta jajaran pimpinan Unpad dan tim pembangunan RSPTN Unpad.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penyerahan draf awal Dokumen Regulasi dan Standard Operating Procedure (SOP) dari PT SMI kepada Rektor Unpad. (arm)*

Share this: