25 Maret 2013

Kuliah Umum Dosen Suez Canal University Mesir Tandai Realisasi Kerja Sama dengan Unpad

[Unpad.ac.id, 25/03/2013] Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unpad dengan Suez Canal University, Mesir, Senin (25/03) digelar kuliah umum bertema “Kondisi Sosial Politik di Dunia Arab, Khususnya Mesir dan Prospek Studi Lanjut di Mesir” sebagai sosialisasi Suez Canal University bekerja sama dengan program studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad, di Bale Sawala Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor.

Suasana kuliah umum tiga profesor dari Suez Canal University Mesir di Bale Sawala Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Kuliah umum tersebut dihadiri oleh tiga orang perwakilan dari Suez Canal University, yakni Prof. Dr. Abdulrahman Al Qurbi (Penasehat Rektor Suez Canal University), Prof. Dr. Usamah Sayyed Ali (Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Humaniora SCU), dan Prof. Dr. Hasan Abdul Alim Yusuf (Direktur Pusat Studi Indonesia SCU), serta Staf Atase Pendidikan KBRI di Cairo, Cecep Taufikurrohman, MA. Menurut Cecep, pemberian kuliah umum oleh tiga orang perwakilan dari Suez Canal University tersebut ialah bentuk realisasi pertama dari MoU yang telah ditandatangani pada 7 November lalu.

“Realisasi dari MoU Unpad dengan Suez Canal University direncanakan pada tahun ini, sehingga kuliah umum ini adalah upaya awal realisasi MoU tersebut kepada tingkat fakultas yang ada di Unpad,” ujarnya.

Adapun bentuk kerja sama yang akan dilakukan ialah penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, pertukaran beasiswa, bimbingan bersama untuk tesis dan disertasi, serta program double degree. Kerjasama tersebut akan dilakukan oleh setiap fakultas yang ada di Unpad maupun Suez Canal University.

“Saat ini baru Sastra Arab FIB Unpad yang telah siap melakukan kerja sama. Ke depan, kerja sama ini juga akan dilakukan ke tiap-tiap fakultas di Unpad dengan mengundang para dekan,” ungkap Cecep.

Rombongan Suez Canal University saat diterima di kantor Kerja Sama Unpad Kampus Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Selain penawaran kerja sama, dalam kuliah umum tersebut juga dipaparkan mengenai sejarah berdirinya Suez Canal University. Kerjasama Suez Canal University dengan Indonesia pun sudah terjalin, yakni dengan dibukanya Pusat Studi Indonesia di kampus yang memiliki lokasi di benua Asia dan Afrika tersebut.

Prof. Hasan pun berharap, kerja sama Unpad dengan Suez Canal University ini dapat memberikan manfaat positif bagi keduanya. “Kita harapkan banyak mahasiswa Unpad yang tertarik belajar di Suez Canal University,” ujar Prof. Hasan.*

Laporan oleh Maulana / eh *

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad