PB Percasi Akan Usulkan U-Camaintian Jadi Agenda Nasional dan Internasional

Suasana salah satu pertandingan U-Camaintian 2014 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Bandung, Sabtu (1/11).

[Unpad.ac.id, 1/11/2014] Universitas Padjadjaran kembali menggelar turnamen catur berlevel nasional U-Camaintian Nasional 2014 di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Sabtu (1/11). Pada perhelatan U-Camaintian tahun ini, sebanyak 114 tim atau kelompok dari berbagai daerah di Indonesia ikut meramaikan turnamen tahunan yang telah memasuki tahun ke-4 ini.

Suasana salah satu pertandingan U-Camaintian 2014 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Bandung, Sabtu (1/11).
Suasana salah satu pertandingan U-Camaintian 2014 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Bandung, Sabtu (1/11). (Foto oleh: Dadan T.)*

U-Camaintian adalah Unpad Catur Main Bertiga Bergantian, pertandingan catur unik yang dimainkan secara bergantian oleh satu tim. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Imam Anshari, peserta turnamen U-Camaintian tahun 2014 ini mengalami peningkatan. Tidak hanya peserta umum dan mahasiswa, turnamen U-Camaintian 2014 ini juga diikuti 2 Grand Master (GM), 7 Master Internasional, Master Fide dan puluhan Master Nasional lainnya.

“Dua Grand Master yang hadir adalah GM Susanto Megaranto dan GM Cerdas Barus. Meski antusiasme peserta dari tahun ke tahun terus meningkat, pihak panitia tetap membatasi peserta tahun ini hanya 114 tim yang dibagi menjadi 57 meja sesuai dengan Peringatan Dies Natalis Unpad yang ke 57,” jelas Imam.

Kejuaraan U-Camaintian 2014 ini, memperebutkan uang tunai dengan total Rp. 57 juta untuk 20 pemenang kategori. Hadiah diberikan kepada peserta yang berhasil meraih peringkat 1 sampai peringkat 15 dan sisanya kategori favorit mahasiswa 1-5. Untuk penentuan peringkat, ditentukan berdasarkan empat kategori, yakni berdasarkan nilai poin kemenangan berdasarkan Solkoff, berdasarkan SB point, dan Berdasarkan PS. Sedangkan untuk peraturan permainan yang dipergunakan adalah peraturan permainan catur cepat 15 menit dengan sistem pertandingan yang dipergunakan adalah sistem Swiss 7-8 babak.

GM Susanto Megaranto yang ikut berpatisipasi dalam turnamen ini mengatakan, permainan U- Camaintian ini cukup seru. Menurutnya, bermain catur bertiga secara bergantian seperti ini selain terkendala visi permainan tiap individu, faktor fisik juga menjadi kendala.

“Kesulitan dalam permainan ini karena strategi dan keputusan untuk melangkah setiap pemain dalam satu tim pasti berbeda-beda, tetapi hal ini menjadikan permainan ini semakin seru dan ramai. Dan tentu konsentrasinya pasti berkurang, karena harus berdiri dan setelah melangkah harus berganti dengan pemain lain. Tapi menurut saya turnamen ini sangat menarik,” lanjut Susanto.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PB Percasi Pusat, Rusdi Taher, yang hadir ikut menyaksikan turnamen ini mengapresiasi positif turnamen U-Camaintian. Ia pun mengungkapkan, Percasi sendiri mendukung penuh turnamen U-Camaintian ini. Bahkan ia pun berjanji pada rapat kerja nasional PB Percasi yang akan datang, U-Camaintian ini akan diusulkan masuk dalam agenda pertandingan nasional bahkan internasional.

“Catur seperti ini kan belum meluas dikenal ditengah-tengah masyarakat, saya sendiri ada rencana pada Rakernas PB Percasi dan Kejuaraan Nasional Catur tanggal 12 November di Makasar nanti, akan saya usulkan pertandingan ini menjadi bagian program Percasi untuk dikenalkan dan dipertandingkan di event lokal maupun nasional. Selain itu, sistem catur yang dihasilkan oleh Prof. Ganjar Kurnia ini nantinya bisa kita pertandingkan di dunia International,” Ujar Rusdi.

Setelah melalui tujuh babak pertandingan, akhirnya Tim Cimahi A berhasil menjadi juara pertama dalam turnamen U-Camaintian Nasional 2014. Tim Cimahi A berhasil mendapatkan poin tertinggi dengan poin skor sebesar 6,5. Adapun untuk juara kedua berhasil diraih oleh Tim Friend Chess Jabar, serta juara ketiga berhasil diraih oleh Tim Kota Bekasi B. Masing-masing juara mendapatkan uang tunai masing-masing sebesar Rp 15 juta, Rp 9 juta, dan Rp 7 juta. Hadiah pun secara resmi diberikan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia.

Sementara kategori favorit mahasiswa, Tim Unpad berhasil menjadi juara pertama Favorit Mahasiswa, Tim ITS berhasil menjadi juara kedua Favorit Mahasiswa, dan Tim UPI A berhasil menjadi juara 3 Favorit Mahasiswa.

Peringkat “15 Besar” Juara Turnamen U-Camaintian 2014

  1. Cimahi A
  2. Friend Chess Jabar
  3. Kota Bekasi B
  4. G PIB Trinitas
  5. Japfa CC
  6. Wingko Enak Sampai Papua
  7. Rutama CC / Solusi Pro
  8. Majalengka Kuda Tua
  9. Kuda Hitam DKI
  10. Cobor
  11. Pavorit Unpad
  12. Propylactic
  13. Alpha DKI
  14. BBG
  15. UCMU

Laporan oleh: Purnomo Sidik / eh *

Share this: