Sebanyak 16 Mahasiswa Unpad Ikut Program Permata ke USU, Unhas, Untan, dan Unpatti

Mahasiswa Unpad yang akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) berfoto bersama. Para mahasiswa tersebut akan berangkat ke USU, Unhas, Untan, dan Unpatti (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 2/09/2015] Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) kembali dilakukan pada Semester Ganjil TA 2015/2016 ini. Universitas Padjadjaran kembali menjadi universitas mitra program yang telah memasuki angkatan kedua tersebut, baik sebagai universitas yang mengirimkan mahasiswa maupun sebagai penerima mahasiswa.

Mahasiswa Unpad yang akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) berfoto bersama. Para mahasiswa tersebut akan berangkat ke USU, Unhas, Untan, dan Unpatti (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Mahasiswa Unpad yang akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) berfoto bersama Rektor Unpad. Para mahasiswa tersebut akan berangkat ke USU, Unhas, Untan, dan Unpatti (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Pada tahun akademik ini, sebanyak 16 mahasiswa akan mengikuti Progran Permata. Mereka akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Tanjungpura (Untan), dan Universitas Pattimura (Unpatti). Delegasi berasal dari beberapa program studi, yakni Sastra Indonesia, Sastra Arab, Sastra Inggris, Hubungan Masyarakat, Ilmu Kelautan, dan Agribisnis.

Pemberangkatan mahasiswa ke 4 perguruan tinggi negeri tersebut akan dilakukan pada Kamis (3/09) besok. Sebelum berangkat, para mahasiswa diberikan pembekalan oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., Rabu (02/09) di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Pembekalan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Kerja Sama Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Ir Iskandar, M.Si., Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya Dr. Mumuh Muhsin Z., M.Hum., serta Koordinator Prodi Ilmu Kelautan, Dra. Sri Astuti, M.Sc.

Dalam sambutannya, Rektor bertanya alasan para mahasiswa mengikuti Program Permata. Sebagian besar mahasiswa beralasan ingin mencari pengalaman baru hingga ketertarikan untuk merasakan bagaimana sistem perkuliahan di universitas lain.

“Di sana bukan sekadar belajar, tapi tantangannya bagaimana membangun kekuatan sikap dan karakter,” kata Rektor.

Dengan menjadi perwakilan Unpad di kampus lain, Rektor meyakini para mahasiswa sudah mau mengambil risiko dengan baik. Sikap inilah yang diapresiasi Rektor untuk terus dikembangkan hingga menjadi karakter dalam diri mahasiswa.

Selama mengikuti perkuliahan di sana, Rektor berpesan kepada mahasiswa untuk melakukan pendekatan benchmarking. Sehingga diharapkan ada berbagai hal positif yang bisa didapat mahasiswa untuk pengembangan Unpad setelah mengikuti Permata.

“Dari kita juga jika ada hal positif bisa untuk dibagi ke perguruan tinggi di sana,” kata Rektor.

Mahasiswa PermataMahasiswa juga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan dosen maupun mahasiswa di sana. Adanya komunikasi tersebut, kata Rektor, paling tidak mahasiswa dapat bertukar pikiran mengenai pengembangan keilmuan. Implementasi lanjutan yang diharapkan ialah mahasiswa dapat melakukan kolaborasi akademik, seperti melakukan riset bersama.

Para mahasiswa juga wajib menjaga nama baik Unpad selama di sana. “Amalkanlah peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” pesan Rektor.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Rektor menerima 16 mahasiswa dari Unhas, USU, Untan, dan Unpatti yang mengikuti program Permata di Unpad. Mereka berasal dari program studi Ekonomi Studi Pembangunan, Hukum, Kedokteran, Kelautan, dan Teknologi Pangan.

Program Permata tahun ini mengalami peningkatan, baik dari jumlah mahasiswa maupun perguruan tinggi yang terlibat. Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., mengatakan, tahun lalu jumlah mahasiswa yang terlibat di Unpad, USU, dan Unhas baru 12 orang.

“Secara nasional, jumlah mahasiswa yang terlibat juga meningkat dari 32 menjadi 100 mahasiswa. Tahun depan jumlahnya semoga bisa meningkat lagi 3 kali lipat,” ujar Dr. Setiawan.*

Daftar mahasiswa Unpad yang ikut Program Permata

  1. Ulwan Malthuf Yudaillah (FIB) ke Universitas Sumatera Utara
  2. Gilang Ramadan (FIB) ke Universitas Sumatera Utara
  3. Riki Nasrullah(FIB) ke Universitas Hasanuddin
  4. Irfan Reza Hardiansyah (FIB) ke Universitas Hasanuddin
  5. Afif Khoirul Anwar(Fikom) ke Universitas Sumatera Utara
  6. Indra Agustina (Faperta) ke Universitas Sumatera Utara
  7. Syanita Fadillah (Faperta) ke Universitas Tanjungpura
  8. Noni Mareta S (Faperta) ke Universitas Tanjungpura
  9. Aprilianti (Faperta) ke Universitas Sumatera Utara
  10. Luthfi Fauzan Akuan (FPIK) ke Universitas Pattimura
  11. Sri Sintya Rahayu (FPIK) ke Universitas Hasanuddin
  12. Fatkhurrochman (FPIK) ke Universitas Pattimura
  13. Elsi Sri Mulyani (FPIK) ke Universitas Hasanuddin
  14. Nurul Fadliani (FPIK) ke Universitas Hasanuddin
  15. Khairul Umami (FPIK) ke Universitas Hasanuddin
  16. Devi Olivia Maharani (Fikom) ke Universitas Sumatera Utara

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: