Prodi Ilmu Kelautan Unpad Raih Akreditasi Internasional IMarEST

akreditasi internasional Unpad
Para dosen Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran.*

Laporan oleh Salsabila Diah Diometa

[Kanal Media Unpad] Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran berhasil memperoleh akreditasi internasional dari The Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST) yang berbasis di Inggris. Akreditasi ini diberikan selama tiga tahun ke depan terhitung sejak Mei 2023.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad disebutkan bahwa IMarEST melakukan kunjungan secara virtual pada 15-17 November dan 22 November 2022. Selanjutnya, dilakukan pula pemenuhan informasi tambahan yang diperlukan untuk memberikan akreditasi. Setelah semua proses terpenuhi, barulah akreditasi tersebut diberikan oleh IMarEST. Kendati demikian, sebelumnya Prodi Ilmu Kelautan juga telah mendapatkan akreditasi ASIIN yang berbasis di Jerman.

Suasana visitasi akreditasi internasional Prodi Ilmu Kelautan Unpad oleh IMarEST.*

Ketua Tim Adhoc Prodi Ilmu Kelautan Unpad untuk Akreditasi ImarEST Dr. Qurnia Wulan Sari mengatakan bahwa proses kunjungan virtual IMarEST melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap kurikulum, fasilitas laboratorium, pengajaran, penelitian, dan sumber daya lainnya yang terkait dengan studi kelautan yang dilakukan oleh tim asesor.

Program Studi Ilmu Kelautan memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan oleh IMarEST, sehingga berhasil memperoleh akreditasi ini.

Akreditasi ini merupakan bentuk komitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan relevan di bidang ilmu kelautan. Hal ini juga menunjukkan bahwa lulusan dari Program Studi Ilmu Kelautan memiliki keunggulan yang diakui secara internasional dan kesiapan yang tinggi dalam menghadapi tantangan dalam industri kelautan global.

IMarEST yang merupakan sebuah lembaga yang terkemuka di dunia kelautan, memberikan pengakuan atas keunggulan dan standar kualitas yang tinggi dalam bidang ilmu kelautan. Akreditasi ini merupakan pengakuan terhadap kualitas pendidikan dan fasilitas yang kami tawarkan di Program Studi Ilmu Kelautan. Demikian dikatakan oleh Ketua Prodi Ilmu Kelautan Dr.Yuniarti.

Dekan FPIK Dr.sc.agr Yudi N. Ihsan mengucapkan terimakasih kepada IMarEST yang telah memberikan pengakuan tersebut, serta kepada seluruh staf pengajar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang telah berkontribusi dalam memperoleh prestasi ini.

Yudi juga berterima kasih kepada Ketua SPM Unpad Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita dan tim yang secara khusus menjadi bagian dorongan dari institusi, otoritas pengawas pendidikan, dan mitra industri yang terus mendukung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di sektor kelautan.

Dengan bergabungnya Prodi Ilmu kelautan dibawah naungan komunitas IMarEST, maka terbangun komitmen yang lebih kuat dari program studi untuk terus meningkatkan standar pendidikan di bidang ilmu kelautan, sesuai dengan harapan Universitas Padjadjaran untuk mendapatkan rekognisi internasional. Akreditasi ini diharapkan akan memperkuat posisi Program Studi Ilmu Kelautan Unpad sebagai salah satu program studi terkemuka dalam bidang kelautan di Indonesia dan global. (rilis)*

Share this: