Pakar Ilmu Politik Unpad Prof. Rusadi Kantaprawira Tutup Usia

Prof. Dr. Rusadi Kantaprawira, S.H.*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Salah seorang putra terbaiknya, Prof. Dr. Rusadi Kantaprawira, S.H., meninggal dunia pada usia 80 tahun di Rumah Sakit MMC, Jakarta, Rabu (1/11/2023) lalu.

Prof. Rusadi Kantaprawira merupakan guru besar purnabakti pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lahir di Bandung, 8 Desember 1942, almarhum menamatkan studi Sarjana di Fakultas Hukum Unpad pada 1969, kemudian dilanjutkan dengan program Pascasarjana di Rijksuniversiteit di Leiden Belanda tahun 1989/1990 dan kemudian meraih gelar Doktor di Program Pascasarjana Unpad pada 1992.

Almarhum Prof. Rusadi Kantaprawira memiliki kepakaran di bidang ilmu politik. Semasa pengabdiannya sebagai akademisi, almarhum banyak meneliti tentang sistem politik di nasional, baik melalui penelitian ilmiah maupun diterbitkan menjadi buku. Dua buku karyanya, “Sistem Politik Indonesia: Suatu Model Pengantar” dan “Sistem Politik Indonesia” masih menjadi rujukan keilmuan saat ini.

Selain berkarier menjadi dosen, almarhum juga pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Studi dan Pengkajian Masalah Asia, Afrika, ASEAN, dan Negara-negara Berkembang Unpad. Di luar akademik, almarhum Prof. Rusadi Kantaprawira tercatat pernah menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (2004-2006).

Sejak 2017, atau setelah purnabakti dari Unpad, almarhum kemudian menjadi dosen tamu di Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie hingga akhir hayatnya. Almarhum disalatkan di Masjid Bakrie, Jakarta, Kamis (2/11/2023) siang untuk selanjutnya dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya. Selamat jalan, Prof. Rusadi.*

Share this: