Cerita Peserta UTBK-SNBT 2023: Senang Bisa Ujian di Unpad

Peserta UTBK-SNBT 2023 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran berdoa sebelum memulai ujian, Selasa (9/5/2023). (Foto: Dadan Triawan)*

Laporan oleh Sultan Adam Wizarddinan Hariono dan Salsabila Diah Diometa

[Kanal Media Unpad] Sebanyak 11.320 peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Sejumlah peserta UTBK-SNBT mengaku antusias saat mengikuti ujian. 

Salah satu peserta, Erlina Fitria Barokah, mengaku senang mengikuti UTBK di Unpad. Satu di antara yang mendukung adalah Unpad memiliki kampus dengan suasananya yang sejuk. Peserta asal Kabupaten Bandung ini juga mengatakan bahwa tidak ada hambatan dalam pengerjaan UTBK-SNBT kali ini.

Melalui wawancara yang dilakukan Kanal Media Unpad, Erlina mengatakan bahwa ia memilih Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis Unpad  dalam UTBK-SNBT tahun ini.  

“Aku tertarik dengan Agroteknologi Unpad untuk mengembangkan pertanian yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal,” jelasnya.

Lebih lanjut Erlina juga memaparkan apa saja persiapannya menuju UTBK kali ini.  “Aku mengambil beberapa kursus. Pertama, aku ambil Kursus Bahasa Inggris selama tiga bulan. Kemudian, aku juga ambil beberapa paket belajar pada berbagai aplikasi juga,” ujarnya.

Sementara itu, Nur Paujiah, salah satu peserta asal Sumedang mengaku bahwa ia menyukai bentuk bangunan di Unpad. Ia juga berkata orang-orang di dalamnya sangat ramah, sehingga mendukungnya untuk merasa nyaman dalam mengerjakan soal UTBK.

Nur mengatakan jika sekarang adalah tahun keduanya melaksanakan UTBK-SNBT di Unpad. Pada kesempatan tahun ini, Nur memilih program studi Kimia Unpad.

“Kalau tahun kemarin, aku memilih program studi Administrasi Publik Unpad. Sementara untuk tahun ini melalui banyak persiapan yang lebih matang, aku memilih Kimia Unpad sebagai tujuanku,” ujarnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, Ulhaq peserta UTBK-SNBT asal Kuningan juga memilih pusat UTBK di Kampus Unpad. Berbagai persiapan dilakukan olehnya sebelum menggapai mimpinya tersebut, salah satunya adalah mengikuti bimbingan belajar. Di samping itu, kiat Ulhaq memaknai prosesnya adalah terus meminta doa dan dukungan dari kedua orangtuanya. (art)*

Share this: